Beranda · Tips Beasiswa ·

Tips Berburu Beasiswa di Dalam dan Luar Negeri

Di postingan pertama ini kita akan berbagi tips berburu beasiswa yang terskema dengan baik. Setiap orang memiliki potensi belajar masing-masing, tidak dibedakan antara si kaya dan miskin. Sejatinya pendidikan merupakan kebutuhan yang fitrah bagi manusia, bahkan menuntut ilmu ini lebih penting daripada memenuhi kebutuhan perut semata. Sayangnya, di tengah kehidupan bangsa yang sedang melilit ini membuat kesempatan belajar di lembaga formal menjadi semakin sempit. Untungnya ada kesempatan beasiswa yang begitu lebar bagi mereka yang berusaha.

Langsung saja, berikut ini cara berburu beasiswa bagi kamu yang sedang duduk di bangku sekolah SMU, SMK, Madrasah Aliyah dan tingkat yang sederajat antara lain:

1. Pertahankan nilai rapor

Sebelum mencari infor beasiswa yang bertebaran di internet, pastikan nilai rapormu tidak anjlok sejak bangku kelas 1 hingga kelas 3. Sebab penilaian utama bagi juri beasiswa adalah prestasi belajar pelamar di sekolah masing-masing. Lebih baik tidak ada angka di bawah 7 untuk mata pelajaran yang berhubungan erat dengan jurusan yang dibidik.

2. Berprestasi di luar akademik

Selain nilai akademik yang penting, segi lain yang dinilai yakni prestasi di luar sekolah. Misalnya saja perlombaan yang pernah diikuti, membuat karya ilmiah, atau capaian di kegiatan ekstrakurikuler, dan sebagainya. Intinya jangan mencukupkan diri dengan nilai per semester saja, tapi raih prestasi lain bila ada kesempatan terbuka.

3. Konsultasi pada Wali Kelas dan BK

Sumber utama untuk mendapatkan beasiswa secara mudah yakni melalui Wali Kelas dan guru Bimbingan Konseling. Dari beliau-beliau tersebut, kamu akan memperoleh banyak masukan dan informasi berharga tentang potensi diri sekaligus beasiswa yang cocok untuk diincar. Meskipun tidak punya dana yang mencukupi, jangan malu untuk bertanya dan mengutarakan keinginan melanjutkan ke perguruan tinggi.

4. Bertanya pada senior yang mendapat beasiswa

Jika kamu memiliki senior yang telah sukses dapatkan beasiswa, segera hubungi dia lewat sms atau jejaring sosial seperti facebook. Tanyakan cara dia mulai dari awal hingga raih beasiswa.

5. Cari info di internet

Dunia semakin sempit, informasi dapat dibuka kapan pun lewat konektivitas internet. Jadi segera cari berbagai jenis beasiswa dalam negeri dan luar negeri yang tersedia di tahun depan. Sebut saja daftarnya seperti beasiswa Dikti, beasiswa LPDP, beasiswa Unggulan, beasiswa Djarum, beasiswa Astra, beasiswa Suzuki, beasiswa BCA, beasiswa Bidik Misi, Beasiswa Australia, dan sebagainya.

Gali informasinya lebih dalam dengan berdiskusi dan sharing di forum maupun sosmed. Semoga upaya kamu mencari beasiswa di dalam negeri dan luar negeri dimudahkan, sukses selalu bro/sis!

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Tips Berburu Beasiswa di Dalam dan Luar Negeri"

Posting Komentar