Beranda · Tips Beasiswa ·

8 Cara Dapat Beasiswa ke Luar Negeri

Menempuh jenjang pendidikan ke luar negeri memang merupakan cita-cita tinggi dari sebagian pelajar dan mahasiswa Indonesia. Tak heran, ada ratusan hingga ribuan orang yang mendaftarkan visa untuk keperluan belajar di luar. Dari semua pelajar dan mahasiswa tersebut ada yang berangkat dengan pembiayaan mandiri dari orang tua atau kerabat mereka, dan ada pula yang berasal dari keluarga tak mampu tapi memperoleh beasiswa. Berikut ini sedikit cara dapat beasiswa ke luar negeri yang bisa dijadikan ikhtiar oleh para pengunjung blog sederhana ini.

Beasiswa yang diberikan pada pelajar internasional (pelajar yang berasal dari luar negara sang pemberi beasiswa) dapat berasal dari berbagai instansi, organisasi, maupun perusahaan besar. Nah, beasiswa sejatinya merupakan bantuan terhadap para pelajar yang berprestasi agar dapat meneruskan jenjang pendidikannya. Prestasi yang dimaksud dapat berasal dari nilai akademik yang memuaskan, ataupun keahlian istimewa dalam bidang tertentu misalnya olah raga, robotic, teknologi, kesenian dan sebagainya.

Beasiswa di luar negeri bentuknya juga beragam, ada yang berupa bantuan finansial secara menyeluruh bagi penerimanya seperti biaya kuliah dan kebutuhan hidup selama menempuh pendidikan. Dan ada ada pula beasiswa yang hanya mencakup pembiayaan kuliah saja, tidak ada bantuan keuangan untuk keperluan hidup. Jadi peserta beasiswa jenis terakhir tersebut harus bisa menyediakan kebutuhan hidup sendiri di seberang negeri sana.

Di bawah ini beberapa cara mempermudah dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri sesuai bidang yang sekarang Anda tekuni antara lain:

1. Berusaha keras dan disiplin dalam belajar

Beasiswa sendiri merupakan bantuan pembiayaan pendidikan dan yang terkait dengannya, sebab itu pelajar dengan nilai dan prestasi yang menonjol senantiasa mendapatkan posisi istimewa pada para penguji program beasiswa. Maka, dari awal tanamkan diri untuk belajar yang terjadwal dengan baik, disertai target-target penguasaan materi yang terukur.

2. Belajar langsung pada penerima beasiswa

Untuk mendapatkan informasi dan saran yang akurat tentang ajuan beasiswa, tanyakanlah pada para senior yang sudah sukses menyabet beasiswa. Sebab merekalah pelaku riil yang bisa memberikan informasi sejelas-jelasnya, baik itu mengenai persyaratan beasiswa ke luar negeri, peluang lamaran diterima, jumlah pesaing, jumlah dana beasiswa yang didapat, dan sebagainya.

3. Persiapan kemampuan bahasa asing

Salah satu faktor yang mesti dikuasai secara baik agar mudah mencari beasiswa ke luar negeri yakni menguasai bahasa asing. Dikarenakan penyedia beasiswa internasional itu sangat bervariasi, maka Anda harus jeli memilih mana bahasa asing yang harus diseriusi. Sebut saja bahasa asing Inggris, Jepang, Bahasa Arab, Jerman, Turki, Rusia dan sebagainya.

4. Aktif dalam berorganisasi dan kegiatan sosial

Seorang pelajar yang aktif dalam kegiatan non akademik memiliki kelebihan tersendiri bagi sejumlah instansi penyedia beasiswa, dibandingkan mereka yang asyik masyuk pada pelajaran semata. Keuntungan pertama yakni mereka merupakan para pelajar yang mampu menjadi penggerak dan berkontribusi di tengah sosial dengan cepat. Latihan berorganisasi juga memberikan kesan bahwa mereka dapat mengaplikasikan ilmunya di kehidupan masyarakat secara harmonis, sistematis dan diterima oleh orang-orang di sekitar.

5. Berkunjung langsung ke kedutaan besar luar negeri

Salah satu lembaga yang seringkali mengeluarkan informasi tentang beasiswa ke luar negeri adalah kantor kedutaan asing yang ada di dalam negeri. Segera cari alamat sejumlah kantor kedutaan asing yang berasal dari negara-negara yang populer dengan universitas dan hibah beasiswanya. Kunjungi secara berkala, atau tanyakan informasi tentang keumuman beasiswa yang keluar di kedutaan tersebut.

6. Ikut serta dalam seminar dan acara-acara pendidikan

Seminar pendidikan terutama yang terkait dengan beasiswa dan bidang studi sangat urgen untuk diikuti. Dari seminar beasiswa tersebut akan terkumpul banyak informasi, motivasi, tips dan cara mendapatkan beasiswa luar negeri.

7. Surat pengajuan, cv, dan motivation letter yang atraktif

Surat pengajuan yang sistematis, ramah, dan friendly untuk dibaca sangat memikat para pembacanya. Sebab itu jangan terlalu terpaku pada kalimat dan paragraph pada contoh proposal beasiswa di luar sana (kecuali memang sudah ditentukan oleh pihak penyedia beasiswa), kreasikan sedikit dengan gaya bahasamu sendiri dengan mencerminkan kecintaan dan passion pada bidang studi yang akan dilamar, manfaatnya, serta harapan berkontribusi dengan ilmu yang didapatkan demi kemajuan Indonesia, dan sebagainya.

8. Update informasi lewat internet

Poin terakhir yakni selalu mengikuti perkembangan beasiswa lewat internet. Dunia maya ini merupakan sumber informasi yang tercepat dan terluas berkaitan dengan informasi pemberian beasiswa luar negeri maupun di dalam negeri. Sekali-kali jangan lupa berkunjung di blog beasiswa yang sederhana ini yach. Semoga dalam mencari beasiswa yang diharapkan. :)

Artikel keren lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "8 Cara Dapat Beasiswa ke Luar Negeri"

Posting Komentar